Organisasi Komputer

Organisasi Komputer merupakan bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer.

Contoh :

  1. teknologi hardware
  2. perangkat antarmuka
  3. teknologi memori
  4. sistem memori
  5. sinyal–sinyal kontrol

capture

Sumber :

  1. http://wandiparlente.blogspot.co.id/2013/02/organisasi-komputer.html
  2. http://eprints.undip.ac.id/22332/1/Pert_3.pdf

Virtual Reality

 vr

Virtual Reality mungkin masih asing bagi sebagian orang awam, namun istilah ini sudah sangat familiar dalam dunia game, hal ini sudah dibuktikan oleh banyaknya industri game yang telah menyiapkan game berbasis Virtual Reality serta peralatan pendukungnya.

Virtual Reality atau yang biasa disebut VR merupakan sebuah terobosan baru di dunia teknologi, VR bekerja dengan cara membuat dunia virtual sehingga pengguna dapat terhubung serta berinteraksi dengan apa yang disimulasikan oleh komputer, serta dapat membuat pengguna merasa berada dalam dunia nyata yang berasal dari VR tersebut.

Teknologi VR diprediksi akan berpengaruh besar di masa yang akan datang, sudah dilihat dari banyaknya perusahaan besar menjadi fokus mengembangkan teknologi ini dan menghadirkan simulasi virtual terbaik dari dunia nyata. Beberapa perusahaan pengembang teknologi VR antara lain Samsung, Facebook, Google, Sony, dan Lenovo.

Di samping itu, pilot pesawat terbang juga mengandalkan VR untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum menerbangkan pesawat secara nyata. Hal tersebut bertujuan agar pilot lebih mengenal medan yang akan dihadapinya dan memperoleh gambaran saat nanti ia menerbangkan pesawat di atas langit.

Teknologi VR juga memberikan banyak kontribusi terhadap dunia militer. Di Amerika Serikat, para tentaranya akan menggunakan VR untuk simulasi peperangan, Mereka akan merasakan situasi di medan perang secara nyata dengan teknologi ini. Cara ini dinilai lebih praktis dan ekonomis dibanding melakukan latihan perang yang sesungguhnya.

vr-2

Sistem kerja dari VR tidak dapat lepas dari beberapa elemen penting, seperti :

  • Virtual world sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script.
  • Immersion sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi VR merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif.
  1. Mental Immersion, membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata
  2. Physical Immersion, membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh VR tersebut
  3. Mentally Immersed, memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan VR.
  • Sensory Feddback berfungsi untu menyampaikan informasi dari Virtual World ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual(penglihatan), audio(pendengaran) dan sentuhan.
  • Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world.

Sumber :

  1. http://carisinyal.com/teknologi-virtual-reality/
  2. http://www.bacatekno.com/2016/06/teknologi-virtual-reality.html

 

-MaulidKh-